NIM
: A1D012218
Mata
Pelajaran : Did.
Metodik Senam
Kelas
/Semester : 3
RuangLingkup/Aspek :
Senam lantai (Meroda kedepan)
lokasiWaktu : 1 x 20 Menit (1 x
Pertemuan )
I.
STANDAR
KOMPETENSI (SK)
Mempraktikkan berbagai bentuk latihan senam lantai
yang lebih kompleks dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya
II. KOMPETENSI DASAR (KD)
Mempraktikkan kombinasi gerak senamlantai tanpa
alatdengan memperhatikan factor keselamatan ,dan nilai disiplin serta keberanian
III.
INDIKATOR
·
Melakukan
kombinasi gerakan : dengan perlahan , dengan agak cepat , dan cepat
·
Melakukan
gerakan meroda tanpa awalan dan dengan awalan
·
Melakukangerakan
meroda
Kognitif
Produk
1. Menjelaskan gerakan kombinasi engan perlahan,
dengan agak cepat, dan dengan cepat
2. Menjelaskan gerakan meroda tanpa awalan dan
dengan awalan
3. Menjelaskan gerakan meroda
Proses
1. Menyelidiki gerakan kombinasi dengan perlahan,
dengan agak cepat , dan dengan cepat
2. Menyelidiki gerakan meroda tanpa awalan dan
dengan awalan
3. Menyelidiki gerakan meroda
Psikomotor
1.
Disiplin
dalam berlatih
2.
Percaya
diri
3.
Keberanian
4.
Kerjasama
dalam melaksanakan
IV.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Kognitif
·
Siswa
dapat menjelaskan gerakan kombinasi dengan perlahan, dengan agak cepat, dan dengan
cepat
·
Siswa
dapat menjelaskan gerakan meroda tanpa awalan dan dengan awalan
·
Siswa
dapat menjelaskan gerakan meroda
Psikomotor
·
Siswa
dapat melakukan gerakan kombinasi dengan perlahan, dengan agak cepat, dan dengan
cepat
·
Siswa
dapat melakukangerakan meroda tanpa awalan dan dengan awalan
·
Siswa
dapat melakukan meroda
Afektif
·
Siswa
dengan sungguh - sungguh mengikuti pelajaran
·
Siswa
sangat disiplin mengikuti latihan
·
Siswa
mendapat kepercayaan diri sangat tinggi
V.
MATERI PEMBELAJARAN
Senam Lantai Meroda kedepan.
VI. METODE
PEMBELAJARAN
a.
Model Pembelajaran
Pengajaran langsung (explicit
instruction)
b.
MetodePembelajaran
- Ceramah
- Demontrasi
- Penugasan
- Tanya jawab
VII.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
A.
Kegiatan awal (5
menit)
-
Berbaris,
berhitung, berdoa, dan absensi
-
Menyampaikan
ruang lingkup materi
-
Menyampaikan
inti tujuan
-
Senam
peregangan
B.
Kegiataninti (10
menit)
Tugas gerak
-
Melakukan
meroda dengan perlahan
-
Melakukan
meroda dengan agak cepat
-
Melakukan
meroda dengan cepat
-
Melakukan
rangkaian senam lantai meroda
C.
Kegiatan akhir pembelajaran
(5 menit)
Pendinginan
Guru memberikan gerakan penguluran otot
Refleksi
Pengalaman belajar siswa selalu di
perhatikan untuk penyempurnaan gerakan
Evaluasi
Evaluasi umum terhadap proses dan hasil belajar
siswa(kognitif, afektif, psikomotor)
VIII. ALAT DAN
SUMBER BELAJAR
A.
Alat :
Peluit
B.
Sumberbelajar :
Internet
Banjarbaru, 17 september 2013
Mengetahui:
Mahasiswa
praktik
Dosen/pengawas
Edwin Wahyu D,
S.Or, M.Pd Ali Dina
NIP.
NIM. A1D012218
Tidak ada komentar:
Posting Komentar